AJAKAN SERUAN IMTLI UNTUK HPSN

Hari Peduli Sampah Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 2005 tepat setelah terjadinya tragedi longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat pada tanggal 21 Februari. Adanya insiden tersebut menjadi pemicu untuk dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional. Adanya hari peringatan ini juga menjadi pemicu supaya Indonesia dapat bersih dari sampah pada tahun 2020.

Hari Peduli Sampah Nasional dapat dirayakan dengan cara melakukan aksi nyata bersama seperti melakukan kegiatan kerja bakti, tidak membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya. Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional, diharapkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap sampah semakin meningkat

Dengan adanya Hari Peduli Sampah Nasional kami rasa sebagai mahasiswa/mahasiswi yang bergerak di bidang Teknik Lingkungan perlu ber-gerak dengan beberapa cara agar  eksistensi isu sampah di Indonesia dapat membuat masyarakat di Indonesia lebih sadar bahwa isu sampah sudah darurat dan sangat kritis sekali.

Maka dari ini kami IMTLI mengajak teman-teman dari Himpunan untuk ikut berkontribusi secara serentak untuk bisa mengikuti rangkaian kegiatan yang nantinya akan di buat dari tanggal 20-21 Februari 2021. Adapun rangkaian akan dilaksanakan pada tanggal 20-21 Februari 2021 yaitu :

20 Februari 2021 :

  • Webinar dengan bertemakan sampah

-Tema : “Sampah Sebagai Peluang Ekonomi Masyarakat”

-Pemateri : Waste 4 Change dan Kerta Bumi Recycling

-Waktu : 12.30-15.30 WIB

21 Februari 2021 :

  • Aksi mandiri memilah sampah

( Dimana nanti teman-teman dapat memilah sampah secara mandiri dari rumah masing-masing dan dapat mendokumentasikan hasil memilah sampahnya yang sudah di kategorikan baik itu hasil sampah organik,anorganik dan B3.)

  • Mengolah Sampah Mandiri

( Dimana nanti teman-teman bisa mengolah sampah untuk dijadikan hal yang se-kreatif mungkin seperti dompet,tas,pakaian dll.)

  • Deklarasi darurat sampah

( Dimana nanti teman-teman dapat melakukan aksi secara langsung di tempat umum. Tetapi dengan kondisi seperti ini kami lebih merekomendasikan untuk aksi langsung secara individu. Nantinya peserta bisa membuat poster, ber-orasi, ber-puisi dll bertemakan sampah.)

  • Kajian/Karya Tulis

( Dimana nanti teman-teman bisa membuat suatu karya melalui media tulis yang bisa berupa fakta-fakta yang nanti di kemas menjadi kajian. Atau pun pengalaman yang berhubungan dengan sampah yang bisa di kemas menjadi karya tulis.)

*Note : Selebihnya dari itu teman-teman peserta bisa melakukan hal yang lain. Karna 4 point yang diatas hanya rekomendasi yang dapat kami sampaikan. Jika memang ada konsep diluar 4 point tersebut dapat menghubungi kami.

  • Hasil aksi dapat di publikasikan melalui media Instagram dengan menggunakan vitur Snapgram lalu jangan lupa tag IG : IMTLI, IMTLI Regional kalian, Waste 4 Change dan Kerta bumi Recycling.
  • Karya aksi dilarang mengandung SARA
  • Jika ada Himpunan yang ingin mengkerahkan masanya bisa menghubungi pihak IMTLI
  • Jika terpaksa melibatkan masa, teman-teman wajib mengikuti protokol 3M

Dengan adanya Gerakan HPSN ini pun ada beberapa regional yang melaksanakan kegiatan secara offline yaitu.  Regional 2 yang dilaksanakan di sekitar Universitas Banten Jaya dan  Regional 5 yang melaksanakan di antor Kecamatan Pontianak Tenggara, Jl. Parit H. Husin II, Bangka Belitung Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat dan antor Kecamatan Pontianak Tenggara, Jl. Parit H. Husin II, Bangka Belitung Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

DOKUMENTASI KEGIATAN HPSN (HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL) 2021

Dalam bentuk video bisa dilihat di link ini 🙂 https://drive.google.com/file/d/1brkfnl8LA1dSoq4LuzzN1ZLcvij19Hh0/view?usp=sharing

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *